Jenis Propolis Terbaik

Macam Jenis Propolis dan Manfaatnya

Jenis Propolis Terbaik di Dunia dan Kandungannya


Pada artikel ini kita akan membahas mengenai macam jenis propolis dan manfaatnya. Kita akan melihat macam macam propolis dan khasiatnya bagi tubuh kita, serta membahas jenis propolis terbaik dan apa kandungan dari propolis tersebut.

Sebelumnya untuk anda yang belum jelas apa itu propolis, bisa melihat artikel mengenai "Propolis adalah ..." disini.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya Propolis adalah material seperti resin yang dihasilkan lebah untuk menambal, merekatkan dan mensterilkan sarangnya. Resin ini biasanya berwarna coklat atau kehijauan karena dikumpulkan oleh lebah dari berbagai pepohonan, getah dan sumber tanaman lainnya yang berada di sekitar sarang lebah tersebut. Ini berarti jenis propolis berbeda-beda terutama kandungannya, kita ingin mendapatkan jenis propolis terbaik di dunia.

Faktor-faktor pembeda macam propolis

Propolis dihasilkan dari lebah yang mengumpulkan resin dan getah serta zat nabati lainnya dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar sarangnya, biasanya zat ini tercampur juga dengan liur lebah tersebut. Hal ini membuat propolis berbeda kandungannya karena bahan bakunya yang berbeda.

Jenis Propolis bisa ditentukan dari 2 faktor utama yaitu :
1. Jenis Lebah yang menghasilkan propolis
2. Tempat dimana lebah itu bersarang

Kita akan membahas macam propolis tersebut secara lebih rinci.

Jenis Propolis Berdasarkan Lebah

Setiap lebah yang mempunyai sarang madu tentu akan memiliki/menghasilkan propolis, kenapa ? karena sudah kita bahas di artikel sebelumnya (disini) karena propolis adalah zat yang dipakai untuk membentuk sarang dan menjaga madu dari bakteri atau mensterilkan sarangnya tersebut.

Propolis sendiri berdasarkan warnanya (yang dipengaruhi jenis lebah dan lokasi sarangnya) bisa dibedakan menjadi hijau, merah, hitam dan putih.

Jika kita kelompokan jenis lebah penghasil madu yang terbaik di dunia kita akan mendapatkan beberapa jenis yang sudah diakui kualitas madunya (ini berarti propolisnya juga akan sangat bagus). 

Jenis lebah penghasil madu dan propolis berdasarkan negara penghasil propolis terbesar adalah :

Secara singkat pembahasan mengenai jenis lebah yang dipakai untuk menghasilkan macam-macam propolis ini adalah :

Apis Mellifera





Adalah lebah madu Eropa yang paling banyak dipakai, karena mudah untuk diternakan, tetapi kualitas dari madu dan propolis yang dihasilkannya tidak terlalu efektif karena lebah ini harus menjaga nectar yang dibawanya dan energi yang dikeluarkannya.

Apis Mellifera Scutellata (Lebah Afrika)

Adalah lebah madu yang lebih agresif dan menyukain iklim yang hangat atau tropis. Lebah ini bisa menghasilkan lebih banyak madu dan propolis dibandingkan saudaranya Apis Mellifera. Tetapi kualitas propolis dan madunya mesih di bawah Apis Mellifera.

Apis Meliponini

Jenis lebah ini adalah lebah tidak bersengat yang diternakan di Asia seperti juga di Indonesia, lebih di sukai karena memang tidak bersengat sehingga lebih mudah diternakan.

Berdasarkan kualitas dan kuantitas dari jenis propolis yang dihasilkan menurut jurnal biologi terakhir, jenis lebah yang terbaik adalah persilangan dari Apis Mellifera dan Apis Mellifera S, jenis ini disebut juga Africanized Apis Mellifera (lebah madu yang diafrikanisasi).

Jenis ini banyak digunakan di negara Brazil untuk menghasilkan madu dan propolis terbaik di dunia. (Negara penghasil madu di dunia adalah : Cina, Brazil dan Russia)

Kesimpulannya : Jenis propolis yang terbaik berdasarkan jenis lebahnya adalah propolis yang dihasilkan oleh Africanized Apis Mellifera.


 Jenis Propolis Berdasarkan Lokasi

Seperti yang sudah di tuliskan di atas, negara penghasil madu dan propolis di dunia berpusat di tiga negara yaitu : Cina, Russia dan Brazil.

Lokasi tempat produksi propolis akan sangat dipengaruhi oleh alam sekitarnya karena zat yang dikandung dalam propolis dan komposisinya akan sangat tergantung kepada bahan yang didapatkan lebah dari tanaman sekitarnya. Tanaman yang memiliki zat flavonoid tertinggi untuk dijadikan propolis adalah Baccharis Dracunculifolia ini adalah tanaman yang memiliki kandungan resin yang dipakai oleh lebah untuk memproduksi propolis. Tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai tanaman obat.




Berdasarkan penelitian di National Institute of Health America, disebutkan bahwa hasil resin dari tanaman ini bervariasi berdasarkan musim dan cuaca. Laporan mengenai penelitian tersebut bisa di cek disini. Berangkat dari fakta tersebut maka jenis propolis yang paling bagus adalah jenis yang dihasilkan oleh Brazil, karena Brazil beriklim tropis dimana cuaca dan musim tergolong stabil sepanjang tahun. Berdasarkan penelitian juga didapatkan bahwa Baccharis Dracunculifolia ini paling banyak terdapat di Brazil.


Kesimpulan


Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa jenis propolis yang terbaik adalah propolis yang diproduksi oleh Africanized Apis Mellifera dan yang berada di Brazil, serta  memproduksi propolis dari pohon Baccharis Dracunculifolia.



Berdasarkan kemipulan di atas berarti jenis Propolis yang paling bagus di dunia berdasarkan kandungan bioflavonoid nya adalah jenis Propolis hijau Brazil ( Brazillian Green Propolis).


Hal yang harus diperhatikan selanjutnya

Setelah kita ketahui jenis propolis terbaik di dunia dan kandungannya, maka yang harus diperhatikan adalah jenis propolis yang kita konsumsi tidak mengandung Bee wax (lilin lebah). Jika tidak tersaring dengan baik maka lilin lebah bisa masuk ke ginjal dan mengendap. 

Kita akan membahas mengenai lilin lebah (Bee wax) pada artikel selanjutnya dan Propolis yang bagaimana yang 100% bersih dari bee wax atau propolis bebas lilin, silahkan klik di sini untuk membaca mengenai lilin lebah adalah apa dan klik di sini untuk mempelajari Propolis bebas lilin 

Jika anda sudah mengerti mengenai lilin lebah dan mencari propolis terbaik yang bebas dari lilin lebah, maka kami rekomendasikan Goodfit Propolis, yang adalah Propolis Brazillian Green dengan Nano Teknologi, yang sudah terbukti membantu menyembuhkan banyak penyakit.

Untuk mempelajari lebih jelas apa itu Goodfit Propolis bisa klik disini

Baca juga artikel di bawah ini :


Jika ingin ada pertanyaan, konsultasi kesehatan, dosis propolis dan cara penggunaan Propolis, atau ingin langsung memesan Goodfit Propolis bisa hubungi nomor di bawah ini.

https://agengoodfitpropolis.blogspot.com/2020/05/propolis-terbaik-yang-terbukti-no-mlm.html
Goodfit Brazilian Green Nano Propolis
1 box = 5 botol kaca lengkap dengan pipet (@ 6 ml)
Harga Promo
Rp. 750.000 ==> Rp 565.000 (hanya 113.000 / botol)
Hubungi sekarang : Wa/Telp : 082281182345
atau klik saja disini
Harga diluar ongkos kirim



Post a Comment

0 Comments